PEMILU SERENTAK TAHUN 2019
RABU, 17 APRIL 2019
PENGUMUMAN
GALERI
KPU Kota Baubau Gelar Sayembara Cipta Maskot Jingle Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau Tahun 2018
13 Juli 2017 00:00:00

KPU Baubau. Guna menyemarakkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau Tahun 2018, KPU Kota Baubau mengelar sayembara jingle dan maskot Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau Tahun 2018 yang pelaksanaannya dimulai hari ini, rabu 12 Juli 2017. Tujuan utama dari pembuatan Maskot dan Jingle adalah dalam upaya melakukan   proses   komunikasi,  memberikan  pengetahuan, melakukan persetujuan, memotivasi keinginan, melakukan praktek, serta mengajak orang lain untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau Tahun 2018; Maskot dan Jingle yang dirancang untuk mendukung dan memberikan citra kepada pelaksanaan Pilwali Kota Baubau Tahun 2018, membangkitkan  aura positif bagi penyelenggara, peserta pemilu dan juga masyarakat Kota Baubau; Momentum yang baik untuk menghadirkan gebyar dan semarak untuk diketahui oleh masyarakat bahwa akan diselenggarakan Pilwali Kota Baubau 2018.

Adapun kriteria maskot pilwali Baubau tahun 2018 yang dibuat antara lain menggambarkan flora dan/atau fauna khas Baubau/Buton; kesenian khas Baubau/Buton; situs sejarah Baubau/Buton; kemungkinan lain khas Baubau/Buton lainnya yang mengidentikkan kepemiluan. Desain maskot memiliki sifat yang ramah, non partisan, dinamis, menghibur dan mengundang motivasi untuk menggunakan hak pilih tampilan maskot modern, fleksibel dan unisex; serta maskot harus dapat diaplikasikan di berbagai media seperti media cetak, media digital (soft file), atau ditayangkan di media film/televisi serta dianimasikan sebagai merchandise dan kostum untuk media sosialisasi/promosi dan syarat khusus lainnya.

Adapun Syarat Umum Jingle pilwali tahun 2018 yang dibuat yakni durasi Jingle maksimal 90 detik; terdiri dari lagu dan lirik; menggunakan minimal 1 (satu) alat musik; tidak mengandung unsur SARA yang dapat menyinggung kelompok atau golongan tertentu, sementara syarat khusus jinglen antara lain sample rekaman jingle dibuat dalam format audio MP3/WAV dalam Compact Disc (CD); bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, dengan dapat menyisipkan Bahasa Buton/Wolio;  mencantumkan lirik yang mengidentikkan kepemiluan; maskot harus mengkomunikasikan tema penyelenggaraan Pilwali Kota Baubau Tahun 2018 yakni “Kpu Melayani, Ayo Memilih Untuk Baubau”.

Adapun yang akan melakukan penilaian atas karya cipta maskot yakni Dr. Andi Tenri Machmud, M.Si selaku akademisi dan pengamat sosial politik, Dr. La Ode Abdul Munafi, M.Pd selaku akademisi dan budayawan serta Irzal Agus, ST., MT selaku akademisi dan ahli grafis. Sementara yang akan melakukan penilaian atas karya cipta jingle yakni Amirudin Ena, S.Pd., M.Pd selaku  akademisi dan sastrawan, Edi Lesse, S.Sos selaku musisi dan Masrin Abidin, S.Pd., M.Pd selaku pegiat seni di Kota Baubau. Total hadiah sayembara cipta maskot dan jingle pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau sebesar Rp. 20.000.000 serta pemenang akan mendapatkan trophy dan piagam penghargaan. 

KPU Kota Baubau mengangkat tema sayembara “KPU Melayani, Ayo Memilih Untuk Baubau” dengan slogan Suaramu Untuk Baubau dan Ayo Memilih Untuk Baubau.

Kegiatan sayembara akan dimulai dengan pengumuman yang dimulai hari ini, Rabu 12 Juli 2017 dan akan diumumkan pada 17 Agustus 2017.

Untuk dokumen sayembara, formulir registrasi dan surat pernyataan dapat diambil langsung di Kantor KPU Kota Baubau Jl. Dayanu Ikhsanuddin No. 51 Kota Baubau atau dapat melalui akun facebook Kpu Baubau  

Berita Lainnya
STATISTIK SITUS
00108106
Hari Ini : 150
Minggu Ini : 914
Bulan Ini : 5248
Pengunjung Online : 03
ALAMAT
KPU Kota Baubau
Jl. Sultan Dayanu Ikhsanuddin No. 51
Kota Baubau - Sulawesi Tenggara
Telp/Fax: (0402) 2825721
E-mail: kpubaubau@yahoo.com
Copyright © 2017 Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau. All rights reserved
Top